Artrevoir. \\ Follow // Dashboard \\

Friday, March 14, 2014

De Buron - Maria Jaclyn



Judul : De Buron
Penulis : Maria Jaclyn 
Penerbitan : Gramedia Pustaka Utama, September 2005
Tebal : 256 hlm
ISBN : 9789792283457
Harga : 

020314 until 030314



Cowok itu...
Hm...
Dia ditaksir sahabat Kimly gila-gilaan
Dia suka nyanyi lagu apa aja
Dia doyan banget makan pisang 
Dia tidur sekamar dengan Kimly
Dia tahu sesuatu tentang Kimly yang selama ini selalu disembunyikan cewek itu dari semua orang...

Tapi...
Dia juga buronan yang lagi diincar polisi! 


Ditya adalah buronan yang diincar polisi karena dituduh membunuh bos ayahnya. Ia berlari kesana kemari untuk mencari tempat pelarian, dan berakhir pada perumahan mewah di Jakarta. Ia hanya berharap, tempat ini mampu menampungnya sementara waktu, hingga nama dia dapat dibersihkan. 

Kimly adalah pacar Nino, cowok brengsek (malaikat bagi Kimly) yang hobi gonta-ganti pacar. Tapi si Kimly nih tetep keukeuh Nino itu cowok baik dan perhatian. Padahal sahabat-sahabat Kimly udah mewanti-wanti Kimly agar tidak jatuh terlalu jauh. 

Pulang sekolah, Kimly tersentak kaget dengan kedatangan seorang yang asing. Dia udah kotor, kurus, pokoknya gembel bangetlah. Baru saat ia akan berteriak karena ia mengenali wajah itu--wajah sang buronan ganteng yang diumbar-umbar sahabat Kimly tadi di sekolah--dari koran, Ditya segera membungkam Kimly.
Setelah negosiasi alot dengan Kimly, Ditya akhirnya diperbolehkan nginep sebentar disana. Tapi karena Kimly ketakutan Ditya bakalan ngapa-ngapain Kimly (secara dia pernah membunuh seseorang), Kimly menyuruh Ditya tidur di kamar mandi Kimly. Ia menggembok kamar mandi itu, memegang kuncinya baik-baik agar tidak pernah terlepas dari tangannya. 

Behari-hari mereka jalani bersama dalam satu kamar itu, Ditya pun jadi tau seluk-beluk kehidupan Kimly. Setelah agak lama, mereka akhirnya terbuka. Ditya jadi tahu selama ini Kimly menyimpan surat kaleng tentang "Kimly gak pantes buat Nino". Tapi Kimly selalu bersabar dan berusaha untuk menyeimbangkan langkah dengan Nino yang udah jauh. 

"Surat kaleng-surat kaleng itulah yang menjatuhkanku kembali ke tanah, menyadarkan aku kalo mimpi indah tidak akan bertahan selamanya. Jadi kapan pun aku harus siap kehilangan Nino, karena mungkin suatu saat nanti aku bakal bangun dari mimpi indahku dan Nino sudah pergi dari sisiku." - hlm 112. 

Masalah Kimly selain dengan Nino juga dengan orang tuanya yang udah gak beres. Ibunya udah menjadi workaholic dan gak peduli dengan dia lagi; sedangkan Ayahnya selingkuh dengan cewek lain. Selama ini, Kimly selalu tertutup dengan sahabat-sahabatnya, dia gak pernah cerita tentang ortunya ataupun masalah surat kaleng. Tapi karena kini ada Ditya, dia menjadi terbuka dengan cowok itu. 

Ketika ortunya memutuskan untuk bercerai, dan Nino ketahuan berselingkuh, Ditya selalu ada disampingnya. Sekarang Kimly pun sadar, bahwa tidak ada lagi yang namanya kepercayaan, karena mereka udah mengkhianati Kimly. 

Untungnya ia bisa menjalani dengan tegar karena ada Ditya. 
Namun gimana jadinya kalau Ditya akhirnya ditemukan polisi? Yang jelas, Kimly gak lagi punya pegangan. Yang jelas, Kimly bakal sangat merindukan Ditya.  

Kalau tahu begini, aku bakal ngejaga kamu di dalam kotak kaca, biar kamu jadi tahanan di hatiku selamanya. - hlm 227.  
"Aku sudah berusaha menjadi orang yang pantas. Tapi apa boleh buat kalau orang lain tidak bisa menerimanya. Mereka selalu ingin lebih dan lebih. Aku sudah berjalan cepat, tapi mereka pikir itu belum cukup. Aku berlari, tapi mereka bilang lariku lambat. Mereka tidak peduli meski aku sudah terseok-seok dan jatuh berkali-kali." - hlm 150.

Yeah, yeah, ketawa aja aku baru baca buku ini sekarang. Jujur, aku udah liat buku ini di Gramedia taun lalu apa gimana ya, terus coba baca sinopsisnya. Hmm, great. Cuman waktu itu males beli aja, malah aku udah buka-buka halaman terakhir De Buron dan tau akhirnya bakalan kayak gimana. Sekarang, aku malah minjem buku ini lagi hahaha, emang parah yaa. u,u Udah ah wkwkkw. 

Secara konsep sih, aku suka konsepnya yang unik, beda dari yang lain. Dariawal pun udah suka sama buku ini. Cuman entah kenapa baru kesampaian baca sekarang-_- Aku suka temanya pokoknya, suka juga sama jalan ceritanya, unik. Tapi masih agak heran juga, karena banyak yang gak logis. Kalo emang si Ditya ini merasa gak bersalah, ya gausah kabur gitu! Kan justru kalo kabur, tuntutan di pengadilan lebih besar iya gak? Iya gak sih? *korban pilem action AS* Anyway, namanya juga teenlit lah ya, anything could happen. Jadi yaaaaaa, fine-fine aja kalo ada yang gak logis. 

Penulisan Maria Jaclyn bisa dibilang menurutku cukup ngalir, walaupun udah bisa nebak ending nya, tapi lumayan lah ya. Pertengahan buku itu rock banget, kalo bagian pas Ditya nya ketangkep dan masalah cerai ortunya agak maksa masuk kali yaa. Tapi mungkin biar variatif masalah hidup Kimly-nya. Oya, seingetku di buku De Buron cetakan lama itu ending-nya dibuat nggantung deh, sama penulisnya. Kan aku udah baca ending-nya tuh pas dulu banget, dan itu beda dengan ending cetakan baru. Dan emang ternyata diberi Cerita Tambahan. Kalo udah baca De Buron cetakan lama, buru baca Cerita Tambahannya ya, daripada penasaran :) *wink* 

Paling suka sama Ditya dongggg. Gatau sukaaaaaaa aja, awalnya aku kira dia cowok sok ganteng yang gak setia, lalu jadi buronan, karena dia emang masih seumuran Kimly gitu. Eh taunya dia low profile bangetdehh. Emang sih terlalu perfect, dan kelucuan tingkah Ditya juga ngegemesin. Hehehe~ 

De Buron emang top deh, buat para pecinta teenlit, romansanya dapet, konfliknya juga dapet. Walaupun agak bingungin di bagian akhir, tapi cukup membuatku tidur malem-malem cuman buat nyelesein De Buron. Udah 1 bab, pengen nambah lagi, udah 1 bab lagi, nambah, dst hahaha :D 

"Kayu yang sudah dipaku tidak bakal berbalik mulus lagi... Hati yang sudah dilukai tidak bakal kembali seperti sedia kala." - hlm 193.    

De Buron.
Young adult, romance, teenlit, family, friendship! 


No comments:

Post a Comment

Artrevoir is waiting for your good comments! Please respect other and be polite. Thank you for comment. Cheerio! :)

LinkWithin