Artrevoir. \\ Follow // Dashboard \\

Friday, January 31, 2014

Breaking Dawn - Stephenie Meyer



Judul : Breaking Dawn: Awal Yang Baru
Seri : Twilight Saga #4
Penulis : Stephenie Meyer
Penerjemah : Monica D. C.
Penerbitan : Gramedia Pustaka Utama, Januari 2009
Tebal : 864 hlm
ISBN13 : 9789792243086
Harga : Rp 105.000

240114 until 290114

Twilight Saga #1




Bila kau mencintai orang yang akan membunuhmu, kau tak punya pilihan. Bila nyawamu satu-satunya yang harus kauberikan untuk orang yang kaucintai, bagaimana mungkin kau tidak memberikannya?

Bagi Bella Swan, mencintai dan dicintai vampir bernama Edward adalah bagaikan khayalan dan mimpi buruk yang dirajut jadi satu ke dalam kenyataan. Bukan itu saja, hubungannya yang sangat istimewa dengan Jacob Black sang werewolf, ternyata menyeret Bella ke pilihan-pilihan pelik yang membuat hati keduanya tercabik-cabik. Tapi konon cinta harus memilih, dan karenanya Bella harus memutuskan. Dan sebagai orang yang sangat mengenal Bella, Jacob tahu persis apa keputusan gadis itu. Lalu sanggupkah Jacob meninggalkan Bella selamanya untuk menyembuhkan luka-luka hatinya sendiri? Dan ketika Bella membutuhkannya, sanggupkah Jacob mengatakan tidak?


Dan Bella mencintai hal-hal yang tidak seharusnya ia cintai. - hlm 278.

Pyuh! Setelah aku berturut-turut mengejar ketinggalanku baca Twilight Saga ini, akhirnya beres juga! :) Aku baca buku awalnya, Twilight-New Moon-Eclipse, itu lewat e-book sepenuhnya. Karena aku agak ragu untuk membeli satu paket buku ini. Apalagi di tokbuk aku udah gak ada lagi. -_- Ragu ya karena review di Goodreads tentang seri Twilight itu agak--ehm. Sejujurnya, buku ini dikasih oleh tanteku, cetakan pertama lagi~ Hehehe. Ternyata tanteku baca juga ya Twilight-___-. 

Oke, kita mulai aja ya repiewnya. Jadi kita anggep kalian udah baca yang buku sebelumnya ya. Kalo belom, plis plis, TOLONG baca dulu. Kalian pasti gak mau kesel gara-gara udah tau endingnya. Dimulai dengan pernikahan Bella tentunya~ Akhirnya Bella Swan menikah dengan Edward Cullen, walaupun hati Jacob Black sedih banget. Pernikahannya berlangsung bahagia, pokoknya dream comes true. Keluarga vampir Tanya juga diundang, begitupula keluarga werewolf Seth Clearwater. Semuanya dalam keharmonisan. Apalagi kalau Alice Cullen yang jadi wedding organizer nya bersama Esme Cullen. :) 

Walaupun agak sedikit kurang bila tidak ada Jacob Black, hari itu berlangsung membahagiakan bagi Bella. Ternyata hari itu dilanjutkan ke Brazil, Rio de Janerio, tepatnya. Mereka sudah direncanakan untuk berbulan madu disana. Pokoknya semua indah dan membahagiakan. Tapi o-oh, pada hari keberapa mereka berbulan madu, Bella mengandung! 
Rasanya sungguh ironis bahwa kepingan-kepingan puzzle itu justru menyatu tepat pada saat semuanya akan dihancurkan. - hlm 771.

Anaknya itu belum bisa dipastikan apakah vampir ataukah manusia. Tapi "makhluk" yang ada di dalam perut Bella jelas semakin lama akan membunuh ibunya sendiri. Karena makin lama Bella makin kurus, makin pucat. Dan "makhluk" di dalamnya juga makin ganas. 

Jadi, sesuai sinopsis, apakah Bella sanggup memberikan nyawanya untuk membuat bayi yang dicintainya itu hidup? Walaupun ia harus meninggal, apakah ia rela melakukannya? 

Bella jelas mengajarkanku tentang betapa besarnya kasih ibu kepada anaknya. Maka, tahukah kau seberapa besar kasih Ibu kepadamu? Sungguh tak terhingga! :) 

Aku telah menemukan tempat sejatiku di dunia, tempat di mana aku bisa cocok, tempat di mana aku berkilau. - hlm 604.

Ini tempat di mana setiap orang bakal percaya keajaiban benar-benar ada. Tempat di mana kau berharap akan melihat Putri Salju mendadak muncul sambil memegang apel di tangan, atau unicorn  datang memakan semak mawar. - hlm 554

Aku gak bisa bercerita lebih banyak daripada ini. Dan keseruan baru aja akan dimulai. Waktu baca pas Bella rela mati untuk kehidupan bayinya itu sungguh--mengharukan. Ya walaupun seorang ibu yang melahirkan bisa selamat, tapi dalam kasus Bella, tidak ada yang tau. 

Oke, sebelum aku mulai review ini. Kalau kamu emang NIAT baca Twilight, please, jangan baca komentar / review minus dari orang lain. (karena aku tau begitu banyaknya). Begitu juga kalo kamu baca suatu buku, PLEASE jangan pernah terpengaruh oleh review negatif dari orang-orang. Kadang hal-hal yang negatif sangat mempengaruhi kita dibanding yang positif. 

Aku mengakui kalau agak sedikit "eww" dalam buku ini. Jelas. Tapi ini buku ROMANCE, dan selayaknya buku romance lainnya, pasti agak begitu dah. Untuk 3 seri Twilight sebelumnya, aku sengaja memberi 4 bintang di Goodreads. Aku agak kecewa, memang. Tapi Breaking Dawn? Aku bener-bener terkejut. Walaupun endingnya agak menjengkelkan karena lagi-lagi Meyer menghindari pertarungan action, tapi lumayan juga sih. :) 

Breaking Dawn itu kayak lompatan batu. Dan Meyer melompat begitu jauhnya dari ketiga buku lainnya. Bagiku, konflik utama disini adalah perjuangan Bella menjadi seorang ibu. Dan itu bener-bener mengharukan. Apalagi ada satu bab berisi point-of-view Jacob Black, di tengah-tengah pov Bella. Dan pov Jacob sebenernya lucu sih, awalnya aku suka karakter Jacob, tapi mengingat beberapa hal lainnya--jadi agak sebel. Point-of-view Jacob kenapa lucu? Ya lucu, karena dia agak sembrono, masih muda, dan berpikiran segar. Jadinya yaaa :D Aku beberapa kali ngakak disini sejujurnya. 

Astaga, mana mungkin ada orang yang tahan hidup bersama Edward? Sayang sekali ia tidak bisa mendengar pikiran Bella. Dengan begitu ia kan bisa membuat Bella jengkel setengah mati, dan akhirnya Bella akan muak padanya. - hlm 296. [pov Jacob]

Untuk pov Bella itu agak ..... no comment. Sedikit menye-menye dan membosankan. Aku berharap pov Edward-_- (jadi mendengar seluruh pikiran, pasti keren \m/). Tapi aku suka endingnya, walaupun (sedikit spoiler) shape-shifter itu maksa bangetlah. [ups]. Tapi secara keseluruhan tulisan Meyer bagus, enak diikuti, mengalir. :) 

Tokoh favoritku adalah ..... siapa ya? Aku sama-sama suka semua sih. Mungkin Bella Swan eh salah Bella Cullen aja deh ya. :) Dia hebat lah maksudku, dia rela melakukan apa saja untuk menyelamatkan bayinya, termasuk nyawanya, itu bukan hal mudah. :D 

Bayi itu menendang tulang-tulang rusukku, mematahkannya sedikit demi sedikit untuk mencari jalan keluar. Itu tak ada apa-apanya. Itu ibarat mengambang di kolam berair sejuk. Aku bersedia disuruh merasakannya seribu kali lagi. Akan kuterima dengan penuh rasa syukur. - hlm 437.

Breaking Dawn
Young-adult, fantasy, vampires, romance, werewolves!




Edward selalu menganggap dirinya berasal dari dunia kisah-kisah horor. Tentu saja, aku sudah tahu ia keliru besar. Jelas ia berasal dari sini. Dari negeri dongeng. Dan sekarang aku berada dalam dongeng itu bersamanya. - hlm 554. 

No comments:

Post a Comment

Artrevoir is waiting for your good comments! Please respect other and be polite. Thank you for comment. Cheerio! :)

LinkWithin