Artrevoir. \\ Follow // Dashboard \\

Thursday, September 19, 2013

Gangway - Boim Lebon

maaf nge-blur :)


Judul : Gangway: Let Me Begin; Mendadak Benjut! 
Penulis : Boim Lebon
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : pertama, Juli 2008
Ukuran : 20 cm
Tebal : 280 hlm
ISBN : 9789792238563
Harga : (diskon) Rp 10.000 (kuranglebih)

Lama membaca : 2 hari.


Gangway adalah band yang digawangi 6 anak berbakat dari SMA Harapan Jaya. Mereka adalah Seno (lead guitar), Hairdo (lead vocal), Anril (gitar), Match (drum), Stanza (bas), dan Ipung (vokalis figuran, soalnya nggak bisa nyanyi). Mereka ingin mewujudkan sebuah mimpi: menjadi "band paling top di muka bumi"! 

Gangway cepat melejit karena permainan mereka yang kompak. Misalnya, kalo ada yang main alat musik, semuanya pada main. Kalo ada yang istirahat, semuanya pada istirahat. Dan kalo satu orang ke toilet untuk pipis, semuanya pada ikutan pipis!

Yang jelas, band ini sering ditaruh di urutan terakhir untuk menutup acara. Bukan buat klimaks sebuah pertunjukkan, tapi buat menghibur kru yang lagi ngebongkar panggung! Hehe. 

Selanjutnya, gimana ceritanya? Hm, mendingan langsung dikebet aja deh! 




Kita tak punya kuasa atas datangnya suatu peristiwa, namun kita memiliki kuasa untuk menentukan sikap merespons peristiwa tersebut. - hlm 56. 

Penggemar Boim Lebon pasti taulah novel ini :) Emang udah lama banget sih, tahun 2008. Baru dibaca tahun 2013-_- Tapi anyway, buku ini cukup membuatku terhibur kok. Karya-karya Boim Lebon kan terkenal bangettuh. Heee, baru pertama kali baca karyanya nih. #geez. Yoi, belom baca Lupus! T_T kasian banget sih hidup lo, Widya. -__________________-" 

Aku tuh udah nyari-nyari Lupus sampe ke ujung dunia tapi tetep aja nggak ketemu! Sediiih. Tapi sudahlah. Balik lagi ke Gangway. Kalo baca tabloid GAUL, cerita Gangway itu diterbitin disitu dan dijadiin satu buku. 

Novel kocak ini menceritakan tentang band Gangway yang beranggotakan Seno, Hairdo, Stanza, Anril, Match, sama Ipung. Masing-masing personel punya keunikan masing-masing. 

Misalnya Seno, sering banget pake pampers soalnya dia suka pake celana superketat yang membutuhkan perjuangan buat makenya. Jadilah kalo kebelet pipis, dia gausah buka celana dulu, pipis aja disitu. #errrrrrrr. Selain itu, Seno juga suka minta nasehat dari Anril. Tauk tuh, padahal dia leader-nya lho. 

"Celana gue yang kegunting udah ada sembilan biji! Ini tinggal satu-satunya. Kalo ini digunting, besok gue pake apa?" - Seno, hlm 153.

Hairdo, sesuai namanya, dia suka banget ganti-ganti model rambut. Terusnya, dia suka banget ngutip kata-kata bijak di dialognya. Tapi kadang malah jadi dodol gitu kata-katanya-_- Dia yang paling ganteng, sama suaranya merdu. 

"Gue jadi inget omongan bijak lagi linglung, 'Janganlah lo berjalan di belakang gue, karena gue bukanlah pemandu yang pintar. Dan janganlah lo berjalan di depan gue, karena gue bukanlah pengikut yang baik. Tapi berjalanlah di samping gue, karena kita akan sama-sama ikut lomba gerak jalan Jakarta-Bogor...'" - Hairdo, hlm 154. 

Stanza, menurut aku sih, dia yang paling kocak. Soalnya setiap dia ngomong, pasti pake pantun! 

"Naik ke meja mau ngambil ketan. Mudah-mudahan aja mimpi lo jadi kenyataan." - Stanza, hlm 250. 

Anril, dia agak-agak freak gitudeh. Namanya aja aneh, Anril, maksudnya tuh "unreal". Jadi, setiap kali ada meeting personel-personelnya, dia pasti muncul secara ajaib entah darimana. Dari dalem tanah, balik lemari, gelantungan di pohon, dll. 

Match, dia yang paling alllllllliiiiiiiiiiiiimmm diantara semuanya. Setiap kali ada masalah, doa. Setiap kali ada sesuatu, doa dulu. Masalahnya, ngomongnya juga berbusa-busa bak pengajar agama gitu deh! :D 

Ipung. Wkwkwkw. Dia nggak bisa nyanyi, tapi idiotnya ampun-ampunan. 

Semua personel itu dengan "kegokilan"nya masing-masing, ngebuat Gangway jadi kocak abis. Yang gokil juga bukan para personelnya aja, para orangtua sama temen-temen juga pada kocak. Kalo menurutku sih, novel ini pas banget buat orang-orang yang udah suntuk, pengen refreshing

Banyak juga lirik-lirik lagu yang kocak-kocak. Wah intinya, disini tuh kacak es campur. Ada kocaknya, ada romantisnya, ada seremnya, pokoknya komplet deh! 

Kegagalan bukanlah keberhasilan yang tertunda. Tetapi di balik kegagalan tersebut ada keberhasilan lain, yaitu kita mengetahui cara meraih sesuatu yang salah, sehingga kita tidak akan mengulang cara tersebut. - hlm 97.




Kalo ada kemauan, pasti ada jalan! Meski terkadang jalan itu buntu! Buat orang kreatif, buntu bukan rintangan. Buntu adalah sumber ide tak terbatas. - hlm 264. 






No comments:

Post a Comment

Artrevoir is waiting for your good comments! Please respect other and be polite. Thank you for comment. Cheerio! :)

LinkWithin