Artrevoir. \\ Follow // Dashboard \\

Friday, December 27, 2013

Obsesi - Lexie Xu



Judul : Obsesi
Seri : Johan #1 
Penulis : Lexie Xu
Penerbitan : Gramedia Pustaka Utama, Oktober 2010
Tebal : 240 hlm.
ISBN : 9789792262704
Harga : Rp 36.000 

201213


Halo, namaku Jenny Angkasa dan hidupku saat ini bagai deretan mimpi buruk. 

Pertama-tama, aku dimusuhi Hanny, cewek paling populer di sekolah yang tadinya adalah sahabatku satu-satunya. Mantan sohibku itu kini menganggapku lebih rendah daripada amuba, bahkan aku dikutuk untuk menjalani hidup sial selamanya.

Kedua, dua teman sekelasku yang bernama sama denganku mengalami kecelakaan yang sangat mengerikan. Berdasarkan observasi umum, aku akan menjadi korban berikutnya. Bagaimana aku tidak deg-degan? 

Ketiga, aku mulai uring-uringan tinggal di rumah yang telah kudiami selama enam tahun terakhir. Memang sih, kabarnya rumahku dihantui oleh wanita bergaun putih dan berambut panjang serta anak perempuan kecil. Tapi selama ini kami hidup berdampingan tanpa saling mengganggu kok. Kini, mendadak beberapa kejadian aneh muncul di rumahku.

Apa yang terjadi sebenarnya? Benarkah penyebab semua masalah ini adalah hantu-hantu masa lalu? Atau gara-gara kutukan Hanny yang ternyata manjur banget? 

Atau mungkin ada misteri lain di balik semua ini?


"Yah, namanya juga sejarah, selalu terulang kembali. Kita belajar supaya saat ada yang terulang lagi, kita nggak ngulangin kesalahan yang sama." - hlm 21. 

Baru sekarang baca Johan series-_- aaa telat banget yah. Tapi sudahlah. Mari kita mulai kisah menegangkan ini. Eng ing eng... dimulai dengan Jenny Angkasa, cewek yang biasa-biasa aja dan mempunyai sahabat Hanny, cewek yang amat-populer. Suatu hari, Hanny memusuhi Jenny, karena suatu sebab yang gak bakal aku kasih tau karna entar spoiler. Hahahaha. 

Semenjak itu, Jenny berteman dengan duo Jenny, yang resenya minta digampar. Ada Jenny Bajaj, dan Jenny Tompel. Jenny Bajaj itu nyebelinnya ampun-ampunan karena dia adalah drama queen. Sedangkan Jenny Tompel itu punya tingkat kepo yang dewa banget. Tapi namanya juga Jenny, dia itu super sabar banget.

Sedangkan di rumahnya, yang digosipkan berhantu itu, dan didiami oleh wanita bergaun putih dengan rambut panjang dan anak perempuannya, mulai menampakkan sesuatu yang tidak biasa. Jenny menjadi semakin resah ketika ada hal-hal yang tidak bisa diungkapkan dengan logika terjadi

Selain itu, duo Jenny di kelasnya, mendapat kecelakaan. Jenny Bajaj, kecelakaan mobil, sedangkan Jenny Tompel kecelakaan di lab. kimia sekolahnya. Keduanya begitu parah hingga harus menginap di rumah sakit. Begitu banyak rentetan hal-hal buruk yang menimpa Jenny, hingga ia menjadi curiga. Terlalu banyak kebetulan. 

Apakah semuanya hanyalah kebetulan belaka? Atau benarkah dugaan Jenny bahwa ada yang aneh dari semua mimpi buruknya itu? 

Hanya di Obsesi kamu bisa menemukan artinya persahabatan sejati, dan saat terlalu terobsesi akan sesuatu dapat membahayakan. 

Yeayy \m/ joget jingle-bells dulu, karna sekarang lagi bulan Christmas :) Oke oke, sebelum review ini jadi review tentang curhatan Widya yang gak penting tentang Christmas, mari kita mulai aja ya. Ehm, jadi berhubung aku lagi seneng karena bisa menghabiskan seri Johan by my favorite-mystery author: Lexie Xu, aku akan meresensi mereka satu-satu. *eak* Dimulai dengan Obsesi.

Awalnya, aku emang gak begitu suka sama buku horor, karna gatau sih, ngebayangin aja udah merinding berat. Jadilah, aku kurang suka sama buku Obsesi pas awalnya. Apalagi sinopsisnya keliatan horor banget, jadi udah nyerah duluan. Tapi karena aku tiba-tiba suka sama seri Lexie Xu kedua, Omen, jadinya aku pengen melahap Johan juga :) Dan, aku salah besar pas bilang buku ini menyeramkan. Soalnya ini seru banget!

Akhirnya, misteri pun terungkap di bagian akhir, walaupun aku udah tau nih kira-kira siapa dalang dibalik semua ini. Pembawaannya enak banget, apalagi ada bagian bikin aku ngakak :D Biasanya tuh dibikin ngakak sama dialog Tony-Markus. Ehm, siapa mereka? Well, baca dulu :)

Tiap bab, itu berbeda point-of-view dan berganti-ganti antara Jenny-Hanny. Jadi bab 1, itu yang "aku" adalah Jenny, terus bab 2 yang "aku" itu Hanny, dan gitu juga seterusnya. Aku cukup puas dengan konfliknya, dan karakternya pun kuat-kuat. Pokoknya two thumbs up buat kak Lexie Xu :D

Buat karakter favorit, pilihanku jatuh kepadaa eng ing eng, tokoh utama kita, Jenny Angkasa. a.k.a Jenny Jenazah hahaha. Aku suka sifat dia yang rendah hati, baik, terus intinya waw bangetlah. Dia gak pernah ngeluh atas apa gitu. Tapi dia anak yang minder sekali, apalagi karena Hanny, sahabatnya sendiri yang populer tidak terhingga di sekolahnya itu.

Kesimpulannya, aku sangat menikmati buku Obsesi karya Lexie Xu ini. Walau ceritanya emang agak mustahil, tapi karena alur pembawaanya enak seperti sungai yang sedang berjalan normal, aku acungin 4 jempol, tambahan 2 jempol kaki. :) 

"Takut dong. Mbak juga takut sama bapaknya Non. Tapi bapaknya Non baik, kan? Ada orang-orang atau hal-hal yang memang bikin kita takut, tapi sebenarnya mereka baik-baik aja." - hlm 37. 

Obsesi.
Young-adult, mystery, horror, thriller, school, teenlit, romance! 


No comments:

Post a Comment

Artrevoir is waiting for your good comments! Please respect other and be polite. Thank you for comment. Cheerio! :)

LinkWithin