Artrevoir. \\ Follow // Dashboard \\

Friday, September 13, 2013

KambingJantan - Raditya Dika



Judul : KambingJantan
Penulis : Raditya Dika
Penerbit : GagasMedia
Cetakan : ketiga puluh enam, 2012
Ukuran : 13 x 19 cm
Tebal : 236 hlm
ISBN : 9793600691
Harga : Rp 33.000,-

Lama membaca : 3 hari. 


Esok paginya, ternyata jerawat gw makin banyak!!! 

Tidakkk... rupanya ada yang infeksi gitu soalnya si tukang salon salah ngasih obat.... Nyokap gw langsung panik... mulai saat itu, dia bersiin muka gw pake lotion ama toner pembersih setiap malam.... Ajaibnya, setiap kali dibersiin ama dia, paginya pasti jerawat gw berkurang banyak sekali!!! 

Selidik punya selidik, gw bertanya pada sang mama....

Gw : Ma, kok jerawatnya ilang banyak banget sih? Lotionnya bagus yah?
Nyokap : Wahhh..., rahasianya bukan di krim ato tonernya, Kung....
Gw : Trus?
Nyokap : Rahasianya tuh pada kain yang Mama pake buat bersiin muka kamu!

Pas gw ngeliatin tuh kain... ternyata bentuknya segitiga..., ternyata ada karetnya di bagian atas..., ternyata... itu adalah kolor bokap gw!!! TIIIDAAAAAKKK....! Jadi, selama ini nyokap gw menjamah dan mengusap muka gw pake kolornya bokap... Huhuhuu... nasib... tapi manjur lho!

Pesan moral: ternyata selain buat topi, kolor punya kegunaan lain yang menakjubkan!


KambingJantan adalah kumpulan cerita sehari-hari yang konyol dan unik dari kehidupan Raditya Dika (Radit), mahasiswa hasil peranakan orang Batak dengan mesin jahit. Format yang ditampilkan adalah format diary, karena buku ini adalah kumpulan dari diary dia yang diterbitkan di internet (blog). Semua kisah lucu di dalamnya merupakan kisah nyata dari tahun 2002-2004.





Lagi, ini adalah saatnya entah gw harus ketawa ato nangis. Ato bunuh diri makan terasi. - hlm 114.

KambingJantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh adalah sebenernya kumpulan cerita singkat di blognya dulu, kambingjantan.com. Seperti yang diketahui, ini adalah buku humor, full-humor, malahan. Bagi orang-orang yang terlalu serius, mending gih sono jauh-jauh. :D

Bahasa yang Bang Radit pake tuh you-know-lhaa agak ehm tapi ngalirr lancar. Buku ini pertama kali aku liat beberapa tahun yang lalu, dan pertama yang aku pikir adalah, "Ni publisher pasti cover nya bikin di Paint, gajelas banget sih ni buku." Wkwkwkw. That's my first impression.

Tapi buktinya, don't judge the book by its cover. Terbukti, dari tahun cetakan pertamanya, thn 2005, buku ini udah dicetak sampe aku dapet, 36 kali. Keren yah? :) Sampe sekarang langgeng aja tuh bertengger di sebelah novel-novel lainnya.   

Cerita-cerita dodol ini agak kurang meng-EYD wkwkwkw. Tapi, sutralah. Who's cares? Kritikus novel yang serius gitu? Kan gue bilang dari tadi, orang-orang serius, sono ke laut ajee.

Karena ini novel yang menceritakan pengalaman nyata Bang Radit, ya aku nggak bisa ngulas secara langsung. Masalahnya, konflik / puncak masalahnya juga nggak ngerti apaan, awal masalah apaaan, auk deh. Jadi, ya nyambung-nyambung aja gitu ceritanya.

Secara singkat aja, buku menceritakan Bang Radit yang gelo-geloan di Australia karena kuliah disana. Juga beberapa ceritanya dia di Jakarta. Aku beberapa kali meragukan kalo ini bener-bener terjadi dan dialog-dialog nyokap-bokapnya, kok dodol banget. Ternyata ya emang gitu! Nggak ada bumbu pemanis apapun, mungkin bisa dibilang. 

Percaya kan kalo sifat ortu tuh nurun ke anaknya? Diliat dari dialog-dialog ortunya, ternyata ya emang karena ortunya aja konyol gitu, anaknya apalagi! Bahkan sampe adek-adeknya Bang Radit juga dodol.

Gitu-gitu, ada beberapa (sedikit banget) yang 'agak' serius. Yaiyalah, masa satu buku isinya ngocol tanpa serius dikit, hohoho:D


Tapi emang sih klo gak ada pembantu gitu jadinya berasa banget, apa" sendiri. Repot bener kayanya. Padahal selama ini gw ga begitu anggep pekerjaan mereka berat lho. Tapi ternyata membereskan rumah setiap hari itu repot juga. Gw jadi rada" simpatik. Emang sih, kita gak akan pernah tau seberapa berat pekerjaan orang lain itu, sampe kita ngalamin sendiri. - hlm 196. 

Tuh, kan.
KambingJantan. Read it. It's fresh and young. :)  





"KambingJantan! Sebuah cerita tentang kepolosan Raditya Dika, yang justru mendatangkan 'malapetaka' bagi dirinya sendiri, yang malah menghibur diri kita dengan membaca bagaimana si Radith menghadapi 'malapetaka' itu dengan cara yang mengocok perut." - Iang 'Project P', artis. 

1 comment:

Artrevoir is waiting for your good comments! Please respect other and be polite. Thank you for comment. Cheerio! :)

LinkWithin