Artrevoir. \\ Follow // Dashboard \\

Friday, September 6, 2013

Online Addicted! - Irena Tjiunata





Judul : Online Addicted!
Seri : Teenlit
Penulis : Irena Tjiunata
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : I, Oktober 2011
Ukuran : 20 cm
Tebal : 200 hlm
ISBN : 9789792275261
Harga : Rp 29.000,-



Marissa Samara Latief alias Icha, seneng banget waktu pacarnya ngasih hadiah smartphone. Ponsel itu bisa memuaskan kegemarannya ber-facebook ria dan bisa online kapan aja, di mana aja. Tapi... kegemaran itu akhirnya menjurus ke addicted yang merugikannya. Icha jadi bermasalah dengan semua orang. Dengan omanya, dengan temannya, bahkan dengan guru-guru di sekolah. Nilainya juga merosot drastis akibat kecanduan online ini. Namun, Icha tetap nggak berubah. Dia tetap cuek sama semuanya dan asyik eksis di dunia maya. Barulah saat Edo--pacarnya yang selalu pengertian, yang selalu ada di sisinya saat dia kesusahan, yang selalu membantunya saat dia mendapat kesulitan gara-gara kebiasaannya online -- beranjak pergi dari sisinya, Icha sadar dia sudah menjauh dari orang-orang terdekatnya...





Icha, sukaaa banget sama yang namanya Facebook (boleh dibilang cukup populer di tahun 2011, kan?). Dia update status-nya setiap kali ngelakuin sesuatu. Rempong banget sih, dan bukan gue-banget. Aku gak suka orang yang terlalu asik ke dunia maya bahkan melupakan sekitarnya (contohnya tuh beberapa orang di sekitar gue-__-). Boleh dibilang, buku ini buat para penggemar gadget secara berlebihan, dan menjadi pasif. Berharap banget orang-orang itu baca buku ini, biar aku gak di kacang-garing in setiap kali ngomong.

Sesuai dengan sinopsisnya, dia terlalu aktif di Facebook. Bahkan bela-belain pake komputer buat nge-update status doang! Dih. Tambah parah deh, waktu si Edo, pacarnya, ngasih smartphone. Edo itu tipe orang yang TERLALU SEMPURNA. Dia baik, ganteng, pekerja keras, mandiri, dll. Macem pangeran lah.

Banyak masalah yang beruntun terjadi. Dari omanya, Sasa, gurunya, sampe si Edo. Herannya, Mak-nye ato Bapak nya gak ada yang ngelakuin tindakan apapun. Pan harusnya dia disita kek hapenya, diapain kek, diblokir kek Facebooknya (huahahaha =D).

Tapi... sulit juga ya menghilangkan sesuatu yang rasanya sudah mendarah daging. - hlm. 142. 

Karena Edo-lah, dia bisa keluar dari masalah-masalah itu. Pembawaannya enak, ngalir. Masalah dan promblemanya cuman satu, terlalu klasik ceritanya. Tapi aku suka banget sama temanya, yaitu online addiction. Sangatt true.

Secara sampul, novel ini keren juga. Tapi ini tuh terlalu happy ending! Hidupnya Icha terlalu sempurna, sifatnya Edo terlalu perfect. Gak heran kalo kamu pasti udah bisa nebak ending-nya gimana. Tapi serunya, masalah-masalah antara Oma-nya, Sasa sahabatnya, dan gurunya itu sedikit demi sedikit menyadarkan Icha. Tapi teuteup teh dia mah Facebook-an terus. Akhirnya, eng ing eng. Edo menjauhi Icha, dan iyalahh Icha jadi sangat amat kesepian.

Nah, jadinya gimana tuh? Edo mau gak yaa, balikan lagi ama Icha..., tuh cewek emang udah keterlaluan banget sama Edo. Terus Icha naik kelas gak yaa, kira-kira kalo ujian remedial aja dia gak belajar, gimana mau naik kelas?

Online Addicted. Sangat diperuntukkan buat beberapa temen gue yang rese dan terlalu individualis. :)

"Facebook itu memang mendekatkan yang jauh, tapi kalau pemakainya tidak bijaksana, malah bisa menjauhkan yang dekat." - Edo, hlm 186.





"Tanda-tanda kecanduan internet: begitu bangun tidur langsung online, setiap ada kesempatan langsung ngecek status Facebook. Icha dalam buku ini mengalami segalanya, dan sering berada dalam kondisi penyangkalan, larut dalam dunianya sendiri. Hebatnya, Icha nggak kapok meski kesalahan yang dibuatnya bejibun. Butuh tekad membaja bagi Icha sampai akhirnya ia menyadari kesalahannya." - Primadonna Angela, penulis, penerjemah, dan editor. 


2 comments:

  1. mau kirim naskah novel yang udah lama ngendon di laptop kemana ya???

    ReplyDelete
  2. hi anon ^^
    maaf baru bales -_-
    wahh, kalau itu sih, aku kurang tau. Tapi setahuku, kirim aja ke penerbit. Kalo diluluskan, ya baguslah. Hehehe ~ thanks for visiting !

    ReplyDelete

Artrevoir is waiting for your good comments! Please respect other and be polite. Thank you for comment. Cheerio! :)

LinkWithin