Artrevoir. \\ Follow // Dashboard \\

Monday, November 4, 2013

Lovasket #2 - Luna Torashyngu



Judul : Lovasket 2: For the Love of the Game
Seri : Lovasket #2
Penulis : Luna Torashyngu
Penerbitan : Gramedia Pustaka Utama, Juni 2010
Tebal : 264 hlm.
ISBN : 9789792258196
Harga : Rp 45.000

031113 until 041113


Vira senang bukan main saat terpilih menjadi anggota tim junior Jawa Barat untuk mengikuti Kejuaraan Nasional. Nggak cuman Vira yang terpilih, Rida juga.

Tapi kegembiraan Vira nggak berlangsung lama. Tanpa diduga, dia kembali bertemu bekas teman yang sekarang jadi seterunya, Stella. Luka lama pun terkoyak kembali. Perseteruan mereka nggak cuman berlangsung di luar lapangan, tapi juga ke dalam tim.

Stella hanya satu dari berbagai masalah yang menghampiri Vira untuk menggapai impiannya bermain di Kejuaraan Nasional. Masalah lain muncul silih berganti di dalam tim, yang memengaruhi emosi dan pikiran Vira. Belum lagi soal hubungan Niken dan Rei yang lagi renggang. Vira tahu sebuah rahasia tentang Rei, dan dia harus menyimpan rapat-rapat rahasia tersebut dari Niken, apa pun yang terjadi.

Di sisi lain, Stella juga punya masalah pribadi yang nggak kalah peliknya, yang memengaruhinya dalam tim. Belum lagi kenangan masa lalunya, yang membuatnya selalu memusuhi Vira. Jalan untuk jadi pemain basket profesional emang nggak mudah! 


Emmm. Lagi-lagi minjem er-__-. Tapi yaudahdeh, tapi kalo ada buku karya Luna Torashyngu lagi, pasti aku bakalan beli! Wkwkwk. Buku sebelumnya, Lovasket #1 (review Artrevoir) itu sangat memuaskan, walopun aku cuman beri 3 bintang. Ada perbedaan di buku Lovasket #2 ini, dan itu termasuk tipisnya buku ini. Huufft. Aku berharap isinya sama seru dengan Lovasket #1. 

Kisah ini, dimulai dengan Vira, yang sekarang memasuki tahun terakhirnya di SMA 31 Bandung. Gak disangka-sangka, dia dan Rida, rekan tim sebasketnya di SMA 31, dipanggil oleh Pak Andryan untuk mengikuti seleksi menjadi tim junior mewakili Jawa Barat di Kejuaraan Nasional. Disitulah dia bertemu kembali Stella, musuh bebuyutannya di SMA Altavia. 

Setelah seleksi pertama, terbentuklah tim Junior Jawa Barat dengan personel-personel terbaiknya. Di awal pelatihan itu, Stella dan Vira sempat bersitegang dengan seru dan memperburuk keadaan tim. Hal itu menjadi gangguan karena Stella dan Vira merupakan pemain yang sama-sama handal. Dibawah ancaman pelatih, mereka berdua menjadi pemain profesional, dan sedikit sanggup melepas permusuhan untuk kerjasama tim. 

Hidup Vira jadi sedikit runyam ketika hubungan Niken dan Rei menjadi renggang. Bukan masalah Vira sih, tapi masalahnya Vira nggak sanggup liat sahabatnya ngurung diri di kamar sambil nangis, padahal dia tahu apa yang sebenarnya terjadi pada Rei. Bukan cuman hidup Vira yang runyam, tapi hidup Stella pun berbalik 180 derajat. Ketika Ibu Stella masuk rumah sakit akibat KDRT dan perceraian antara kedua ortunya, Stella juga kehilangan semua harta benda-nya karena gak ada lagi ayahnya yang menghidupi dia. Sekarang, Stella pun sadar dia lebih bisa menghargai lembaran uang. 

Karena masalah keluarga itulah, Stella keluar dari tim. Ditinggal Stella, Vira merasa aneh banget, dan keadaan timnya pun menjadi berubah. Masalah pelik datang ketika tim Junior Jawa Barat nggak sanggup masuk ke final dan kembalinya Tim Senior. Sebenernya, Tim Senior Jawa Barat ini sendiri sempat mogok latihan karena fasilitas dan uang yang didapatkan, dan tidak mau bertanding. Pihak panitia Jabar bermaksud untuk mengganti mereka semua dengan tim Junior dengan konsekuensi kekalahan. Tapi ketika mereka berunding dengan pihak panitia, tim Senior setuju untuk kembali bertanding. 

Tentu aja Vira nggak setuju dengan keputusan itu. Dia udah capek-capek tanding, malah digantikan dengan Tim Senior? Dia mengajukan pertandingan antara Tim Junior dan Senior! Walaupun terlihat gak mungkin, Vira sebagai motor berusaha meningkatkan semangat kerja timnya. Berhasilkah mereka merebut tempat dan menjadi pemain basket profesional? 

Hanya di Lovasket 2: For the Love of the Game kamu bisa menemukan artinya persahabatan dan pertandingan basket yang menegangkan! :) 


 Jangan pernah memandang remeh kemampuan teman kita, karena mungkin suatu saat kita akan bergantung pada teman yang kita remehkan itu. - hlm 196.

Lovasket kali ini cukup membuat aku puas, walopun sih jujur aja kalo bisa aku kasih rating 2 tapi.. berhubung pembawaan Luna Torashyngu dalam menggambarkan pertandingan basket-nya bagus, aku pikir 3 bintang udah memuaskan. 

Aku udah tau kira-kira gimana konflik utamanya. Walopun agak kecewa karena kira-kira cuman permusuhan antara Stella-Vira, aku cukup memberi apreasiasi tinggi buat penulis bisa menuliskan pertandingan basket seseru itu. Tema dari buku ini, kebanyakan friendship sih, walopun ada Rei-Niken yang kadang-kadang nyusup dan menjadikan buku ini romance

Bisa dibilang konflik buku ini agak flat yah, tapi gapapa sih, selama pembawaannya tetep ngalir. Kayaknya sih ending-nya cukup mengejutkan juga, dan sedikit membuat penasaran buat baca Lovasket 3 :D. Sedangkan masalah Rei-Niken dan beberapa masalah dalam hubungan mereka, aku bisa tebak dari awal. Bener lagi, wkwkwk. Kayaknya kak Luna jadi penulis buku friendship aja dehh, gausah romance, tapi.. yah, namanya teenlit, pasti ada sedikit bumbu roman-nya kan?-_-

Tokoh favoritku disini udah bukan Niken lagi, jadi berubah Vira. :) Alesan aku di Lovasket 1 gak jadiin Vira tokoh favorit adalah karna sifat sombongnya kadang masih keluar dan agak menyebalkan. Sedangkan di sini, Vira keliatan lebih ceria dan agak ngocol. Apalagi dia penyemangat tingkat kakap yang bisa membangkitkan semangat yang udah down banget. Keren banget itu! :D 

Amanatnya adalah, jangan menyerah ketika masalah datang kepadamu. Tapi cobalah untuk berpikir dua kali, apa masalah itu membuat kamu jadi buruk ... ato jangan-jangan lebih baik? Gak semua masalah membuat seseorang jadi buruk, kadang masalah itu membuat perubahan di keadaan sekitarmu, dan mau gak mau, kamu harus berubah. Itulah... perubahannya bisa baik atau buruk kan? ;) 

Kepercayaan merupakan salah satu kunci untuk membagun kebersamaan dalam sebuah tim. - hlm 196.

Lovasket #2: For the Love of the Game.
Young, friendship, romance, family, basket! 





No comments:

Post a Comment

Artrevoir is waiting for your good comments! Please respect other and be polite. Thank you for comment. Cheerio! :)

LinkWithin